Minggu, 13 Mei 2018

Manfaat Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Image result for Manfaat Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja

sepatu safety - Keselamatan kerja adalah suatu program perlindungan pada karyawan ketika kerja dan berada dalam lingkungan tempat kerja untuk berupaya menghindar dan menyebabkan atau bahkan juga menyingkirkan sebab terjadinya kecelakaan kerja. Sedang kesehatan kerja adalah suatu lingkungan kerja yang bebas dari penyakit fisik dan mental.

Sayangnya, kenyataan di lapangan tunjukkan banyak perusahaan masih tetap malas mengaplikasikan SMK3. Ada beberapa alasan mengapa aplikasi SMK3 di industri masih tetap belum juga seperti yang diinginkan salah satunya :

  • Masih tetap minimnya pemahaman orang-orang biasanya dan entrepreneur khususnya 
  • Berasumsi aplikasi SMK3 memerlukan biaya mahal 
  • Belum juga mengutamakan K3 
  • Sumber daya manusia yang terbatas 

Untuk mengutamakan mengenai pentingnya SMK3 maka pemerintah keluarkan PP No 50 th 2012. Sesuai sama ketentuan pemerintah no 50 th. 2012 diterangkan beberapa maksud aplikasi SMK3 salah satunya :


  • tingkatkan efektifitas perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja yang terencana, terarah, terstruktur, dan terintegrasi 
  • menghindar dan kurangi kecelakaan kerja dan penyakit karena kerja dengan melibatkan unsur manajemen, pekerja/buruh, dan/atau serikat pekerja/serikat buruh ; serta 
  • membuat tempat kerja yang aman, nyaman, dan efektif untuk mendorong produktivitas 

Pada umumnya manfaat aplikasi SMK3 di perusahaan dibagi pada 4 point penting yaitu

1. Membuat perlindungan pekerja

Maksud utama aplikasi SMK3 yaitu membuat perlindungan pekerja dari semua jenis bahaya kerja dan yang dapat menganggu kesehatan saat kerja. Dengan membuat perlindungan pekerja dengan SMK3 maka perusahaan automatis juga akan untung karena tingkatkan produktivitas pekerja

2. Mematuhi ketentuan pemerintah

Dengan mengaplikasikan SMK3 maka perusahaan sudah mematuhi ketentuan pemerintah Indonesia. Perusahaan yg tidak melakukan SMK3 juga akan diberi ragu oleh pemerintah karena dipandang lupa dalam membuat perlindungan pekerja.

3. Tingkatkan keyakinan konsumen

Dengan mengaplikasikan SMK3 dengan automatis juga akan buat keyakinan customer. Ketika perusahaan telah mengaplikasikan SMK3 dalam menghasilkan suatu product, customer dapat yakini prosedur sudah bagus dan produksi dapat kontinu. Dengan mengaplikasikan SMK3 akan menanggung sistem yang aman, teratur dan bersih hingga dapat tingkatkan kwalitas dan kurangi product cacat. 

4. Buat sistem manajemen efektif

Aplikasi SMK3 tidak jauh lain dengan ISO di mana semua aksi terdokumentasi dengan baik, dengan terdapatnya dokumen yang komplit mempermudah bertindak perbaikan bila ada alur kerja yang tidak cocok.

Sekian sedikit tulisan enteng kami, mudah-mudahan berguna untuk pembaca semua. Janganlah sungkan untuk menghubungi Multiple Training & Consulting jadi Konsultan ISO dan Konsultan K3 yang bisa dihandalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *